July 7, 2020
RECENT POST

Sign in

Sign up

  • Home
  • SERUKaltim
  • Maruf Amin Tiba di Balikpapan, Disambut Tabuhan Rebana di Balikpapan

Maruf Amin Tiba di Balikpapan, Disambut Tabuhan Rebana di Balikpapan

By on March 20, 2019 0 262 Views

Tabuhan gendang dan lantunan tasbih menyambut pasangan Joko Widodo di ajang Pemilu 2019.

Rencananya, Ma’ruf Amin bakal mendeklarasikan Jaringan Kyai Santri Nusantara di Balikpapan, Kamis (21/3/2019).

“Ada deklarasi JKSN, karena sudah terbentuk secara nasional, maka dilakukan deklarasi (di Balikpapan) dihadiri KH Ma’ruf Amin,” kata Safaruddin.

Lebib lanjut, Ketua DPD PDIP Kaltim menyebut JKSN kabupaten/kota sudah terbentuk di Kaltim. Sekitar 50 ribu santri di Kaltim mendukung pasangan Jokowi-Amin di Kaltim.

Sempat istirahat sejenak di ruang VVIP, Cawapres 01 langsung melanjutkan perjalanan menuju Novotel Hotel Balikpapan. Kamis (21/3/2019) rencananya cawapres ini bakal mengunjungi 2 pondok pesantren di Balikpapan, sekaligus mendeklarasikan JKSN Kaltim di Dome Balikpapan, Kalimantan Timur.

Revitalisasi SMK dan Buat Cyber University

Calon Wakil Presiden nomor urut 01 Maruf Amin mengatakan akan melakukan revitalisasi SMK dan membuat Cyber University untuk menjawab pertanyaan calon Wakil Presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno terkait visi untuk mengurangi 61 persen pengangguran di usia muda, khususnya lulusan SMK yang tidak dapat pekerjaan.

Maruf menjelaskan, ada dua upaya untuk menyelesaikan persoalan tersebut yakni solusi struktural dan solusi non struktural atau solusi pasar.

Ia menjelaskan solusi strukutral adalah dengan melakukan upaya reformasi pendidikan dari tingkat bawah sampai universitas terutama di tingkat SMK.

Hal itu disampaikan Maruf Amin saat debat putaran ketiga Pilpres 2019 pada Minggu (17/3/2019).

“Kami akan melakukan revitalisasi SMK, politeknik, dan akademik dan akan kita sesuaikan dengan tuntutan pasar dengan melibatkan Dudi, yaitu dunia usaha dan dunia industri. Kepada mereka akan kita berikan insentif ketika mereka mengambil peran,” kata Maruf.

Ia juga mengatakan akan mendorong untuk dibuatnya Universitas Cyber.

“Di tingkat perguruan tinggi kita akan dorong supaya muncul cyber university atau campuran antara universitas konvensional dan cyber sehingga akan melahirkan tenaga sarjana yang berkualitas dan mampu merespon lapangan kerja yang terbuka di luar dan dalam negeri,” kata Maruf Amin.

Sedangkan untuk upaya non struktural, Maruf mengatakan akan menghadirkan upaya pelatihan gratis lewat balai latihan kerja, BUMN dan kursus-kursus.

Ia juga menekankan akan membuat kartu Pra Kerja agar para pencari kerja dapat memperoleh semangat dalam mencari kerja.

“Upaya non struktural melalui upaya pelatihan, balai latihan kerja, BUMN, dan kursus-kursus. Oleh karena itu untuk melakukan upaya peningkatan, kami akan mengeluarkan Kartu Pra Kerja supaya (pencari kerja) memperoleh semangat dan akan memberikan insentif atau honor selama enam bulan atau satu tahun,” kata Maruf.

Source : TribunKaltim

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *