Serunews

Kesiapan Pengamanan Natal dan Tahin Baru, Polda Jatim Gelar Rakor Ops Lilin Semeru 2019

Serukaltim.com – Tulungagung, Memasuki Akhir Tahun 2019 dimana akan menghadapi Perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, Polda Jawa Timur melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) Operasi Lilin Semeru 2019 yang dilaksanakan di gedung Mahameru Polda Jatim, Senin pagi (16/12/19)

Ada Potensi kerawanan Jawa Timur yang biasa terjadi seperti di daerah-daerah lainnya, Terosisme, Swiping Ormas Tertentu, Penyebaran Berita Hoax dan Penggunaan Mercon / Petasan.

Sedangkan dalam kejahatan ada beberapa tahun ini yng terjadi adalah Perkelahian atau Tawuran, Narkoba Miras, Balap Liar, Kecelakaan yang menonjol pada saat libur panjang dan adanya Cuaca buruk.

Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Luki Hermawan menyampaikan, pada hari H nantinya bersama Forkopimda Provinsi Jawa Timur akan melakukan pengecekan langsung pengamanan kegiatan di lokasi.

“Pengamanan yang perlu di perketat ada di gereja yang dimana melakukan kegiatan Ibadah saat Natal dan juga Mall tempat pembelajaan yang sering dikunjungi oleh masyarakat. Kegiatan ini saya perintahkan untuk dilaksanakan juga kepada jajaran polres-polres,” ujarnya

Dalam kegiatan Ops Lilin 2019 ini juga melibatkan beberapa Ormas Islam seperti Banser dan Kokam untuk melakukan penjagaan gereja dalam rangkaian perayaan natal.

“Dalam hal ini kita menunjukan bahwa Indonesia adalah Negeri yang dengan tingkat Tolenransi Antar Umat Beragama tinggi,” imbuh Kapolda Jatim.

Pengamanan Ops Lilin 2019 melibatkan beberapa Personel yang terdiri dari Polri sebanyak 11.062, TNI ada 1.420, Pemda 3,021 personel serta elemen masyarakat 3,454 personel seperti Jasa Raharja, Damkar, PMI, Pramuka, Orari, Basarnas, Pelindo dan Organda. (NN95)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *