BalikpapanSERUKaltim

Sebar Konten Asusila, Mahasiswa Balikpapan Diamankan Tim Siber Ditreskrimsus Polda Kaltim

BALIKPAPAN- Dirreskrimsus Polda Kaltim Kombes Pol. Budi Suryanto didampingi Kasubbid Penmas Bidhumas Polda Kaltim AKBP Yustiadi Gaib menggelar konferensi pers terkait penyebaran konten asusila di wilayah Balikpapan, Senin (17/02/2020).

Dirreskrimsus Polda Kaltim Kombes Pol. Budi Suryanto menjelaskan, mahasiswa berinisial TDA ditangkap di rumahnya kawasan Jl. Klamono Gatu Balikpapan setelah tim siber Polda Kaltim melakukan penyelidikan atas laporan saksi korban CAS wanita yang berkerja sebagai karyawan swasta di Balikpapan pada 10 Februari 2020 lalu.

“Pelaku menghubungi korban melalui Voice Call (panggilan suara) kemudian beralih ke SMS dan Video Call Whatsapp yang berisikan kata-kata dan mengirim kontent yang bermuatan asusila,” kata Kombes Budi

Secara rinci disebutan, pada Senin tanggal 10 Februari 2020 Pukul 15.30 Wita korban datang ke SPKT Polda Kaltim melaporkan tindak pidana perbuatan tidak menyenangkan mengirimkan data elektronik yang bermuatan asusila. Konten yang dikirimkan melalui (SMS) dan Video call dikirim beberapa kali sejak 1 Januari 2020 sampai dengan tanggal 09 Februari 2020.

Atas perbuatan itu, pelaku dijerat dengan Pasal 27 ayat (1) Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2016 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi Dan Transaksi Elektronik dan atau Pasal 29 Undang-Undang Nomor 44 Tahun 2008 tentang Pornografi.

Dalam kasus ini, aparat kepolisian juga menyita beberapa barang bukti antara lain 4 hp dan satu kartu data yang berisi konten video asusila. Di samping itu juga ada saksi dua wanita yang salah satunya seorang mahasiswi di Balikpapan.

“Pelaku sudah kami tahan, dan langkah selanjutnya akan mendengarkan saksi-saksi, saksi ahli dan gelar perkara,” tutur Budi

SUMBER :HUMAS POLDA KALTIM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *