September 22, 2020
RECENT POST

Sign in

Sign up

Personil Polres Kutim Gelar Pelatihan TPTKP di Lapangan Apel

By on March 3, 2020 0 66 Views

Sangatta – Unit Inafis Sat Reskrim Polres Kutai Timur pimpin acara pelatihan Fungsi Teknis Kepolisian tentang TPTKP (Tindakan Pertama Tempat Keadian Perkara) di Lapangan Apel Polres Kutim yang dipimpin oleh Bripka Nanang Kosem dan Brigpol Aprianto dan didampingi langsung oleh Wakapolres Kutim (Kompol Mawan Riswandi SE, MM.) dan KBO Sat Reskrim (IPDA Suyamto), Selasa (3/3/2020).

Pengarahan yang di sampaikan adalah terkait Tindakan Pertama untuk mengambil Sidik jari Mayat, dan menetralisir TKP dari Warga atau masyarakat di sekitar yang menyaksikan, dengan cara memberi Police Line, maupun Tali Rafia ataupun benda – benda yang dapat digunakan sebangai penghalang dan menjadi pembatas antara masyarakat yang menyaksikan dengan TKP.

Pembatas tersebut guna untuk menetralisir TKP tersebut agar tidak berhambur dan tidak meninggalkan ataupun menghapus bukti bukti yang ada di TKP, guna mempermudah pemeriksaan Unit Identifikasi di Lapangan dengan mencari Sidik jari salah satu nya.

Alat – alat yang digunakan adalah alat alat yang telah tergolong modern dan menggunakan pendeteksi digital untuk bisa menentukan identitas korban. Adapun hal hal yang di sampaikan adalah terkait penanganan mayat adalah cara memegang mayat dan mengatur posisi mayat, dikarenakan mayat adalah manusia yang sudah meninggal (KAKU) jadi untuk penanganan mayat tidak bisa sembarangan untuk di gerakan.

Di tempat terpisah, Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Pol Ade Yaya Suryana S.I.K., M.H, menuturkan bahwa “Setiap anggota Polri khusus nya Jajaran Polda Kaltim, wajib tau dan paham tentang penanganan awal dan tindakan yang dilakukan pada saat terjadi Tindak Pidana yang membutuhkan TPTKP di lapangan,”. Ucap Ade Yaya. Kombes Pol Ade Yaya juga menghimbau kepada seluruh elemen masyarakat agar untuk penanganan Tindakan Pertama di TKP tidak sembarangan untuk dihilangkan maupun di sentuh dengan jari tangan dengan orang yang bukan terlibat di dalam Kejadian tersebut, guna untuk mempermudah penyelesaian hasil dari Olah TKP tersebut, Tutup Kabid Humas Polda Kaltim.

Sumber : Poldakaltim.com

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *