October 26, 2020
RECENT POST

Sign in

Sign up

  • Home
  • Serunews
  • TAR Satlantas Polres Tulungagung Diresmikan Dirlantas Polda Jatim

TAR Satlantas Polres Tulungagung Diresmikan Dirlantas Polda Jatim

By on September 21, 2020 0 34 Views

Tulungagung- Bagi pengendara kendaraan bermotor (ranmor) yang memiliki ‘hobi’ melanggar lalulintas dihimbau untuk segera insaf. Pasalnya, Satlantas Polres Tulungagung pagi ini, Senin, 21/9/20 Meluncurkan program Traffic Attitude Record (TAR).

Program TAR adalah pencatatan secara digital riwayat semua pelanggar lalulintas di Kota Marmer. Bahkan, data ini nantinya akan disinkronisasi dengan data yang ada pada Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).

“Jika ada seseorang yang ditilang, terlibat kecelakaan Lalu lintas, atau sedang mengurus SKCK, maka akan terlihat riwayat jenis pelanggaran-pelanggaran yang pernah dilakukannya,” kata Kapolres Tulungagung AKBP EG Pandia, SIK, MM, MH.

Dalam Paparannya seusai Launching TAR, Kasat Lantas Polres Tulungagung AKP Aristianto Budi Sutrisno, SH, SIK, MH mengatakan, “selain untuk mendukung program pemerintah tentang single identity number, program TAR ini juga salah satu upaya untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas.

Harapannya, dengan sistem ini bisa membudayakan masyarakat untuk tertib berlalu lintas. “Jadi etika berkendara, saling menghargai sesama pengguna jalan harus dibangun lagi. Minimal, ini bisa mengurangi tingkat fatalitas korban,” terangnya.

Teknis penerapan program TAR ini yakni melalui program E-Tilang yang sudah berlaku. Menurutnya, semua pelanggar yang kena tilang, secara otomatis datanya juga sudah masuk ke sistem TAR yang juga disinkronisasi dengan data di SKCK.

“Untuk pengecekan, setiap anggota nanti kita bekali aplikasi di ponsel android. Kemudian tinggal memasukkan NIK atau nomor ranmor, lalu sudah muncul riwayatnya,” jelasnya.

Petugas langsung bisa mengetahui seseorang atau ranmor pernah melanggar apa, dimana, dan kapan saja. Jika riwayat pelanggarannya tercatat banyak, otomatis akan menjadi pertimbangan hakim untuk memutus perkaranya.

“Ya kalau jumlah pelanggarannya banyak, berarti yang bersangkuatan ini memiliki perilaku berkendara yang kurang baik,” imbuhnya.

“Program ini adalah pengembangan dari inovasi-inovasi sebelumnya, seperti TACS,” terangnya.

Meski di Tulungagung belum menerapkan Electric Traffic Law Enforcement (Etle) seperti layaknya di kota-kota besar, namun pihaknya optimis program ini tetap bisa berjalan di Tulungagung.

Launching TAR ( Traffic Attitude Record) Satlantas Polres Tulungagung dilaksanakan bertepatan dengan tasyakuran Hari Lalu Lintas Bhayangkara ke 65 oleh Dirlantas Polda Jatim Kombes Pol Latif Usman, SIK, M.Hum Bersama Kapolres Tulungagung AKBP EG Pandia SIK MM MH dan Bupati Tulungagung Drs Maryoto Birowo dihadiri  Forkopimda serta Pejabat Instansi Terkait, Bertempat diruang Tribrata Polres Tulungagung (NN-95)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *